February 4, 2023

Minigames Outbound Seru! Edukasi yang Menunjang Kegiatan Belajar di SD N 3 Sroyo

Mahasiswa KKN Undip TIM II Sroyo 2021/2022 mengadakan kronologis kegiatan games mini outbond mendidik di SDN 03 Sroyo.

Secara umum, edukasi merupakan suatu proses pembelajaran yang dapat dijalankan secara resmi maupun non resmi yang punya tujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan.

Siswa SD berada pada masa-masa bermain tapi terhitung memerlukan pengembangan ilmu pengetahuan. Mereka mudah jemu kalau cuma disuruh duduk dan mendengarkan guru di dalam menerangkan pelajaran di sekolah. Rasa jemu berikut dapat mengakibatkan fokus berkurang. Untuk menanggulangi problem belajar dikarenakan rasa bosan, mahasiswa KKN Undip punya gagasan baru yakni dengan mengajak siswa bermain kala belajar. Edukasi belajar dengan menerapkan sebagian permainan mendidik untuk menopang siswa lebih mudah menerima ilmu ilmu baru. Mahasiswa KKN Undip TIM II Sroyo mengakibatkan inovasi-inovasi pembelajaran kreatif dengan minigames outbound edukatif Paket Outbound Jogja .

Apa yang dimaksud dengan minigames outbound mendidik ? Minigames outbound mendidik difokuskan untuk siswa SD kelas 4, 5, dan 6 adalah permainan yang dirancang sedemikian rupa untuk merangsang dan melatih perkembangan otak siswa, mengembangkan kreativitas berpikir, serta menaikkan rasa kekompakan. Jadi, minigames outbound mendidik dijalankan dengan 5 pos edukasi dengan masing masing pembelajaran.

Pos pertama “Mengenal Anggota Tubuh yang Tidak Boleh di Sentuh”. Seperti judulnya, pos ini memuat pengenalan bagian tubuh yang tidak boleh disentuh dengan layanan poster yang ditandai untuk bagian tubuh yang tidak boleh disentuh.

Pos ke-2 “Puzzle Pola Hidup Bersih dan Sehat”. Metode pembelajaran dijalankan dengan memanfaatkan sarana puzzle yang menarik minat anak-anak dikarenakan pembelajaran dijalankan sambil bermain. Selain itu, mahasiswa KKN Undip terhitung membagikan poster yang memuat berkenaan cara menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat sebagai sarana pengingat bagi siswa-siswi SDN 03 Sroyo.

Pos ketiga “Gerakan Mewarnai dan Pengenalan Ekosistem Laut”. Metode pembelajaran dengan sarana poster yang berisikan biota-ekosistem laut. Kegiatan mengenal biota-ekosistem laut layaknya SDG’s nomer 14 yakni Ekosistem Lautan dijalankan dengan layanan menggambar agar lebih memudahkan siswa untuk mengerti.

Pos keempat “Edukasi Pentingnya Pilah Sampah Sejak Dini”. Berisi pengenalan sampah organik dan anorganik lewat sarana poster, serta melibatkan siswa untuk memilah sampah kedalam sampah organik dan anorganik.

Pos kelima “Money Management (Budaya Menabung untuk Anak SD). Pengenalan budaya menabung dan games tebak kata seputar budaya menabung untuk siswa SD.
Hal berikut diterapkan tidak cuma bertujuan menarik minat siswa tapi terhitung dapat mendidik dan memberikan stimulasi otak mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *