November 28, 2022

Sebelum Beli Truk Bekas, Ini Tipsnya Biar Enggak Dapat Unit Busuk

Membeli truk bekas tidak semudah belanja mobil spesial pada umumnya, gara-gara memilih truk bekas kudu detail biar enggak sanggup unit yang busuk.

Truk digunakan untuk mendukung kegiatan usaha, makanya sebelum saat belanja truk sesuai bersama dengan kebutuhan Anda.

Truk punya bermacam jenis, kecuali diamati berasal dari ukurannya, tersedia truk yang paling kecil disebut sebagai truk engkel.

Truk engkel sendiri tersedia 2, yaitu single engkel yang punya dua sumbu yang terdiri berasal dari 2 ban di depan dan 2 ban di belakang, totalnya tersedia 4 ban trucks for sale .

Sedangkan double engkel termasuk sma-sama meiliki dua sumbu roda, bedanya satu sumbu di belakang terdiri berasal dari 4 roda, totalnya tersedia 6 ban.

Untuk truk tronton punya tiga sumbu roda, 1 sumbu di depan bersama dengan dua ban, dan dua sumbu di belakang bersama dengan delapan ban, totalnya tersedia 10 ban.

Kemudian head tractor atau head trailer, merupakan truk untuk mengangkut kontainer atau peti kemas bersama dengan beban yang paling besar, truk style ini mempunyai muatan bersama dengan terpisah.

Sebelum membeli truk bekas, pastikan dulu apakah truk yang dapat kita membeli kerap mempunyai muatan berlebih berlebih (over load) yang berdampak pada situasi truk.

1. Cek situasi sasis
Sasis truk jadi hal yang paling penting selain situasi mesin, pastikan situasi sasis tetap lurus tidak bengkok, dan tidak tersedia anggota yang keropos.

“Pondasi atau kemampuan mobil truk tersedia di sasis, kaya bikin main di sawah, di tambang, dan sebagainya,” kata Daniel pemilik showroom Truk Bagus, di Cengkareng, Jakarta Barat.

“Pada komponen sasis, anggota yang kerap kena di anggota tersedia pada kelingan per atau posisinya tersedia di dudukan per, kecuali kelingan per bagus, sasis termasuk pasti bagus,” lanjutnya.

2. Cek Mesin

Kondisi mesin termasuk anggota yang tak kalah penting, pastikan tidak tersedia rembesan oli dan nada mesin diesel tetap bagus.

“Biasanya customer bawa montir, tapi yang tidak bawa mobil, paling mudah ceknya di situasi fisik mesin, tidak tersedia rembesan oli, tenaga tetap narik, suaranya enggak kasar bunyi ‘tak ta tak’, ucap Daniel.

3. Cek Sistem Radiator

Sistem radiator mobil truk termasuk kerap bermasalah, agar mesin sangat panas (overheat).

suhu mesin yang ideal indikator suhu mesin berada di tengah-tengah, tidak sangat dingin (C) atau panas (H).

4. Cek Keabsahan Surat-surat

Terakhir tersedia pada keabsahan surat-surat, seperti keserasian di BPKP dan STNK bersama dengan no rangka dan no mesin.

Sebab truk-truk yang udah berumur banyak udah mengganti sasis agar no rangka berbeda.

“Truk yang udah berumur kudu lebih detail di no rangka, sasis yang udah diganti kudu dicetak lagi di Pulo Gadung, kecuali belum cetak lagi tidak sanggup KIR,” terang Daniel pemilik showroom Truk Bagus, di Cengkareng, Jakarta Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *